ANSI Official Blog - Sharing Informasi ttg Animanga Naruto terupdate

Selasa, 29 Januari 2013

Hiruzen Sarutobi

(猿飛ヒルゼン, Sarutobi Hiruzen)
Monyet (サル, Saru)
Hokage ketiga(三代目火影, Sandaime Hokage)
Professor (プロフェッサー, Purofessā)
Dewa Shinobi (忍の神, Shinobi no Kami)

*Debut
Manga: Chapter #1
Anime: Naruto Episode #1
Movie: Naruto Shippuden 3: Inheritors of the Will of Fire
Video Game: Naruto: Ultimate Ninja
Muncul dalam Anime, Manga, Game and Movie

Pengisi Suara
English: Steve Kramer
Jepang: Hidekatsu Shibata, Kisuke Fujii (Hiruzen Muda)

*Pribadi
Tanggal Lahir: 8 Februari
Gender: Laki-laki
Umur: 68-69 (Almarhum)
Tinggi: 163.1 cm
Berat: 50.6 kg
Golongan Darah: A
Jabatan: Hokage
Asal: Konohagakure

*Team:
Team Tobirama
Team Hiruzen

Klan: Sarutobi
Tingkat: Kage
Ninja registrasi: 000261

Keluarga:
Sasuke Sarutobi (Ayah)
Asuma Sarutobi (Anak)
Anak Kurenai Yuhi (Cucu)
Biwako Sarutobi (Istri)
Konohamaru Sarutobi (Cucu)

Elemen: Katon (Api), Doton (Tanah)

Peralatan:
Tongkat Enma
Lonceng

Jutsu:

- Shiki Fujin (Segel dewa kematian)

- Doton Kage Bunshin (kloning tanah) (hanya di anime)

- Doton: Shinju Zanshu no Jutsu (Teknik menyelam ke tanah) (hanya di anime)

- Doton: Doryudan (Teknik naga tanah)

- Doton: Doryu Taiga (Teknik membuat sungai lumpur) (hanya di anime)

- Doton: Doryuheki (teknik tembok tanah)

- Katon: Karyudan (peluru naga api) (hanya di anime)

- Katon: Karyu Endan (peluru bola naga api)

- Kawara Shuriken (Shuriken atap) (Anime only)

- Kage Bunshin no Jutsu (Bunshin bayangan)

- Shuriken Kage Bunshin no Jutsu (Memperbanyak shuriken)

- Kuchiyose no jutsu (Monkey King: Enma)

- Tomegane no Jutsu (Teknik mengawasi dgn bola kristal)

Profil:

Hiruzen Sarutobi (猿飛ヒルゼン, Sarutobi Hiruzen) adalah Hokage Ketiga (三代目火影, Sandaime Hokage; Secara harfiah berarti "bayangan api Ketiga") yang berasal dari klan Sarutobi di Konohagakure. Bersama dengan Homura Mitokado dan Koharu Utatane, ia adalah murid dari dua hokage yang pertama, Hashirama Senju dan Tobirama Senju, Dan ia juga guru dari tiga Sannin Jiraiya Tsunade, dan Orochimaru.

Latar Belakang

Hiruzen sudah di angkat menjadi Hokage sejak ia mudah oleh Hokage kedua di depan rivalnya Danzo Shimura. Ia lahir dari ayah bernama Sasuke dalam klan bernama Sarutobi, Hiruzen adalah seorang anak yang benar-benar sangat berbakat. Dia selalu bersaing dgn Danzo Shimura sejak masih anak-anak, tapi Hiruzen selalu berhasil melewati prestasi Danzo. Saat Perang Dunia Shinobi Pertama, Tim Tobirama bersama dengan Danzo, Kagami Uchiha dan Torifu Akimichi dikepung oleh musuh mereka ninja dari Kumogakure. Merekapun memutuskan agar salah satu dari mereka harus menjadi umpan agar yg lain dapat selamat, dan jelas umpan itu pasti akan mati, tapi Hiruzen sukarela mengajukan dirinya. Namun Tobirama melarangnya, dan menjadikan dirinya umpan, tapi sebelum berangkat ia memilih hiruzen menjadi hokage

Hiruzen dan Sannin
Setelah itu Hiruzen menjadi guru dari Jiraiya, Orochimaru, dan Tsunade, yang nantinya dikenal sebagai Sannin (trio ninja). ia pun menikah dgn Biwako dan menjadi ayah dari dua anak, Asuma Sarutobi dan satu-nya belum terlihat. anak yang belum diketahui itu nantinya akan memberi Hiruzen cucu yaitu Sarutobi Konohamaru.
Saat Orochimaru menjadi muridnya, Hiruzen selalu memuji kemampuan Orochimaru, dan sering mengatakan kepada Jiraiya untuk menjadi seperti dia. Dia juga mengakui kejahatan batin dan nafsu untuk kekuasaan dalam diri Orochimaru, dan mencoba mengarahkan muridnya agar menghilangkan sifat itu. Setelah menjabat sebagai Hokage selama bertahun-tahun, Hiruzen mulai mencari pengganti. Tetapi dia berharap bisa memberikan posisi itu ke Orochimaru, jelas orochimaru juga tertarik pada posisi hokage.

Namun ia lebih memilih jiraiya karena sifat orochimaru belum hilang, namun karena jiraiya selalu berpergian ia pun memilih salah satu murid jiraiya yg sangat berbakat yaitu minato namikaze.

Hiruzen dan sekelompok shinobi menghadapi Kyuubi
Melihat kelahiran istri minato yg merupakan jinchuriki kyuubi saat itu akan bahaya karena segel melemah, ia pun memerintahkan biwako istrinya dan taji untuk mengawal kelahiran serta para anbu untuk menjaganya suatu tempat di pinggiran desa. Tetapi, Tobi dapat menemukan mereka dan melepaskan Kurama dari kushina dan mengendalikannya agar menyerang Konohagakure. Hiruzen tidak pernah tahu kyuubi lepas karena ulah tobi tapi ia tahu bahwa seseorang menggagalkan segel kushina.

Sementara Minato menghadapi Tobi, Hiruzen memimpin para ninja Konoha untuk memerangi Kurama (kyuubi). Pada akhirnya ia menemui minato yg memutuskan menyegel kurama pada anaknya sendiri. Karena minato saat itu meninggal karena menggunakan shiki fujin, hiruzen pun menjadi hokage lagi setelah ia pensiun sebelumnya. Dia juga mengatur agar Naruto yg yatim piatu akan terjaga dari siapa ayahnya, ia pun memberikan nama belakang ibunya pada anaknya, bukan ayahnya.

Beberapa waktu setelah melanjutkan jabatannya, Hiruzen mulai menyelidiki orang2 yg menghilang dari Konoha. ia pun menemukan kalau ternyata Orochimaru menjadi orang yang bertanggung jawab atas penculikan puluhan orang. Ternyata orochimaru menggunakan orang2 itu untuk percobaan untuk memperoleh keabadian, Orochimaru membiarkan gurunya untuk membunuhnya. Tapi, Hiruzen tidak bisa membunuh muridnya, akhirnya Orochimaru pun melarikan diri.

Itachi meminta hiruzen melindungi sasuke dari tetua lain. Hiruzen adalah salah satu dari empat tetua Konoha yang terlibat dalam pembantaian klan Uchiha. Ketika klan uchiha membuat rencana untuk kudeta terhadap desa karena mereka disalahkan atas serangan Kurama, hiruzen berusaha mencari alternatif damai, namun negosiasi gagal dan atas keputusan akhir, Itachi Uchiha diperintahkan untuk melenyapkan Uchiha. Itachi tidak mampu membunuh adiknya, Sasuke Uchiha dan sebelum meninggalkan desa, memohon Hiruzen untuk melindungi adiknya dan Hiruzen berjanji akan menjaga Sasuke aman.

Demikian pula di anime, Hiruzen melindungi Yakumo, seorang pewaris klan Kurama dan seorang anak dengan bakat besar dalam genjutsu untuk dilatih oleh Kurenai Yuhi spesialis genjutsu. Namun setelah pelatihan dengan kurenai, Kurenai terjebak roh jahat di dalam tubuh Yakumo dan menceritakannya pada hokage Ketiga, hiruzen pun menyuruh kurenai untuk menjaga yakumo agar tidak terbunuh oleh roh jahat itu. Namun ini berarti yakumo harus berhenti menjadi ninja dan tidak mengembangkan bakatnya.

Kepribadian

Karena dia telah lama hidup, Hiruzen menjabat dgn penuh kebijaksanaan, menyampaikan hal-hal yang telah dipelajarinya ke generasi berikutnya. Sebagai Hokage, ia juga mempunyai kebiasaan untuk mencoba mengakhiri segala konfik dgn jalan damai, dan melakukan apa yang bisa ia lakukan untuk menghindari pertumpahan darah di antara sekutu dan musuh-musuhnya.

Pada awalnya, Hiruzen adalah salah satu dari sedikit orang yang melihat Naruto sebagai lebih dari jinchuriki dari Kurama, tapi pada akhirnya dia mengagumi naruto, ia seperti kakek dari naruto. Menurut Kakashi Hatake, Hiruzen sangat mencintai murid-muridnya, termasuk Orochimaru, tidak peduli seberapa jauh ia telah jatuh dalam kejahatan. Hal ini terbukti ketika ia tidak bisa memaksa dirinya untuk membunuh murid kesayangan-nya dulu, meskipun telah menemukan Orochimaru melakukan eksperimen ilegal yang mengakibatkan kematian orang tidak bersalah, dan ia membiarkan dia hidup sampai membuat tragedi lagi. Ketika Hiruzen meninggal, ia berharap suatu hari nanti orochimaru akan ke akhirat dan berkumpul dgnnya, sebagai guru dan murid.

Meskipun posisinya sebagai Hokage, ia tampaknya telah menjaga dirinya dari nafsu, karena dulu ia selalu menghabiskan sebagian besar waktu luangnya untuk berbicara dengan gadis-gadis muda yang menjadi hobi favoritnya. Ketika Jiraiya masih menjadi muridnya, ia meminta bantuan Jiraiya untuk menguji teknik yang memungkinkan pengguna untuk memata-matai wanita telanjang tanpa disadari. Yg pada akhirnya Jiraiya malah jauh lebih menyimpang dari gurunya. Dia juga sering menjadi korban teknik seksi Naruto lebih dari satu kali, hal ini membuatnya pingsan setelah melihatnya.

Penampilan

Hiruzen selalu berseragam Hokage-nya. Hiruzen adalah salah satu dari dua Kage yg dikenal selalu memakai seragam resmi hokage, kage yang lainnya adalah Raikage Keempat. Seragam ini terdiri dari caping dan jubah merah panjang yang diikat dengan sabuk putih. Sejak menjadi guru para Sannin, dia sudah memiliki jenggot kecil dan rambut berduri pendek, dgn warna coklat tua saat masa mudanya. Dia juga memiliki garis yang berjalan secara vertikal di bawah setiap mata. Meskipun sudah tua, tapi tidak banyak terjadi perubahan hanya saja rambutnya menjadi beruban serta bertambahnya beberapa kerutan dan beberapa bintik hitam karena usia-nya. Ia juga menjadi merokok dgn sebuah pipa.

Ketika dalam pertarungan pakaiannya terdiri dari jumpsuit hitam, yang menampilkan segmen jala atas bagian bawah anggota tubuhnya, dan sebuah pelindung abu-abu yang menutupi pergelangan tangan kanannya, lengan bawah dan siku. Di kepalanya, ia mengenakan tudung lapis baja dengan bandana seperti pelindung dahi berlambang Konoha dgn tali yg cukup panjang. kanji bertulis "Hokage Ketiga" juga tertulis di sepotong kain tambahan yang melekat pada bagian belakang nya pakaiannya, meskipun pada saat serangan Kurama itu hanya memiliki kanji untuk "api" (火,, hi) karena ia sudah pensiun saat itu. Ia juga memiliki dua sarung shuriken yg terikat di kedua sisi punggungnya.

Kemampuan

Hiruzen adalah salah satu shinobi paling kuat dalam sejarah. Bahkan, ia begitu kuat sampai dijuluki sebagai dewa Shinobi (忍の神, Shinobi no Kami) di masa kejayanya. Menurut Iruka, ia dikatakan sebagai Hokage terkuat yang pernah dimiliki Konoha serta terkuat dari semua Kage pada jaman itu. Bahkan dalam usia tuanya., Kabuto Yakushi menganggap dia yang terkuat dari semua Kage. pada saat pertempuran dengan Orochimaru, ia mengatakan bahwa itu "menyedihkan", meskipun ia jelas sudah mampu bertahan melawan Orochimaru dan dua mantan Hokage tanpa kehilangan ketenangannya. Bahkan di usia tuanya, tingkat chakra-nya masih sangat kuat, menyebabkan efek debu2 dan batu berterbangan;. selanjutnya, ia juga dikenal karena memiliki cadangan besar chakra di masa mudanya. Dia juga hokage yg memerintah paling panjang. Hiruzen juga memiliki indera yg tajam, mampu melacak Hokage pertama dan kedua yg memakai genjutsu kegelapan.

Ninjutsu
Hiruzen dipanggil Profesor (プロフェッサー, Purofessa), karena penguasaan dari semua bentuk tempur shinobi, dan pengetahuan teknik yang luas, konon ia mengetahui semua teknik yg ada di Konoha. Teknik pertama yg pertama terlihat menggunakan adalah Tomegane no jutsu, yang memungkinkan dia mengamati orang lain melalui bola kristalnya dari jarak jauh. Dengan kawara shuriken, ia bisa menjadikan genteng ataupun benda di sekitarnya terlempar seperti shuriken. Dengan melemparkan 1 shuriken ke lawan, dia bisa membuatnya menjadi seribu shuriken dalam sekejap untuk menyerang lawan, sehingga sangat sulit bagi musuh untuk menghindari-nya. Metode ini juga berarti bahwa ia tidak memiliki persediaan banyak shuriken.
Saat melawan Orochimaru ia menunjukkan beberapa kejutan bahwa dia tidak menggunakan kawarimi no jutsu (teknik pengganti jasad) selama pertempuran mereka. Seorang ANBU menonton adegan perang dari dekat menyebutkan bahwa tingkat chakra Hiruzen telah turun ke titik di mana ia tidak bisa menggunakannya untuk kawarimi. mungkin bertentangan dengan sejumlah besar teknik yang digunakan dalam pertempuran dengan Orochimaru, itu juga bisa menunjukkan kontrol chakra yang besar, hanya membutuhkan sejumlah minimal chakra untuk menggunakan setiap teknik.

Elemen
Hiruzen menggunakan elemen api. Ia sangat terampil dalam unsur ninjutsu, menggunakan elemen api dan tanah. Katon: karyuu dan memungkinkan dia untuk menghembuskan api dari mulutnya. Doton: doryuu taiga menciptakan sungai lumpur di bawah lawan untuk mengacaukan keseimbangan mereka, dan dia bisa menggunakan doton: doryuudan, yang menciptakan kepala naga tanah dari lumpur dan meluncurkan bola lumpur ke lawan. Dia juga telah terbukti mahir dalam menggabungkan teknik elemental, seperti yang terlihat ketika ia memicu peluru bola lumpur dengan katon: Karyuu endan, yg menciptakan peluru tanah berlapis api yg akan melelehkan apapun. Doton: doryuuheki memungkinkan hiruzen untuk membuat lumpur tadi menjadi tembok tanah untuk pelindung.

Kuchiyose
Saat hiruzen muda ia sudah dapat memanggil enma yg dapat menjadi sebuah tongkat sekeras berlian yg dapat berubah panjang dan lebarnya. dgn tongkat ini ia berhasil mendorong Kurama saat serangan terhadap Konoha. Enma juga dapat menyerang dgn cakar dan taring-nya dalam wujud monyet.

Taijutsu
Dalam hal taijutsu, Hiruzen ditampilkan dgn tingkat yang sangat tinggi walaupun di usia tua. Dia mampu melawan Hashirama dan Tobirama dalam pertempuran jarak dekat. Dia bisa meletakkan kertas peledak pada masing-masing kaki mereka tanpa mereka atau Orochimaru yang mengendalikan mereka menyadarinya. Setelah ia memanggil Enma, ia bisa memecahkan Kayu Hashirama dengan mudah. Bahkan ketika diserang dalam kegelapan dgn genjutsu yg membuat kegelapan, ia masih bisa membela diri dari serangan Hashirama dan Tobirama, ia menangkis semua serangan mereka dan mempersiapkan Shiki fujin-nya. Setelah menyegel kedua mantan Hokage, ia menghadapi Orochimaru dalam pertempuran tunggal. Meskipun bagian penyegelan telah menghabiskan sebagian chakra-nya, ia masih dapat berjuang untuk waktu yang lama sebelum dia terlibat dgn Orochimaru satu lawan satu, ia juga mudah dapat melucuti pedang kusanagi yg walaupun pada akhirnya juga dapat menusuknya.

Riwayat
Hiruzen pertama kali muncul ketika ia mendapat laporan bahwa naruto merusak monumen hokage. Setelah itu ia juga muncul karena sering mengawasi naruto lewat bola kristal-nya hingga akhirnya ia menyuruh Shinobi dalam jumlah banyak karena naruto mencuri gulungan hokage pertama. Setelah itu ketika kelulusan akademi ia muncul untuk berbicara pada iruka mengenai naruto. Iruka sepertinya kaget karena calon guru naruto adalah kakashi yg terkenal dgn calon murid-nya yg tidak pernah lulus uji pertama-nya

Negara ombak
Setelah tim 7 lulus ujian lonceng, hiruzen memberikan misi kelas D untuk mencari kucing yg hilang. Tapi, naruto mengeluh atas misi tersebut karena tidak menantang dan hiruzen pun memberikan misi kelas C untuk mengawal tazuna ke negara ombak walaupun akhirnya misi ini setara misi kelas A karena adanya ninja sekelas zabuza yg menjadi musuh mereka.

Ujian Chunin
ketika di konoha di adakan ujian chunin hiruzen memanggil para jonin untuk mengikutkan anak didik-nya. Kurenai, asuma dan kakashi yg anak didik-nya baru saja keluar dari akademi pun diikutkan membuat iruka protes karena menganggap belum layak. Tapi kakashi membungkam iruka dgn mengatakan naruto dan yg lain bukan menjadi urusannya lagi. Setelah para genin lulus tahap kedua hiruzen terlihat memberikan selamat. Di ujian tahap akhir ia menyaksikan pertarungan para genin. Di tengahnya ia mendapat laporan bahwa gekko hayate tewas dan kemungkinan ulah orochimaru. Dia kemudian memutuskan untuk melanjutkan Ujian Chunin seperti biasa.
Setelah tahap final di mulai ia duduk berdampingan dgn kazekage keempat yg sebenarnya orochimaru yg menyamar di atas sebagai juri

Invasi Konoha
setelah ujian benar2 kacau Hiruzen berjuang melawan Orochimaru. Dalam pertarungan dgn gurunya orochimaru menggunakan hashirama dan tobirama sebagai senjata dgn edo tensei. Pertarungan terjadi cukup lama dan seru karena banyaknya jutsu yg digunakan. Pada akhirnya hiruzen berhasil menyegel jiwa kedua mantan gurunya dgn shiki fujin walaupun ia meninggal setelah gagal menarik seluruh jiwa orochimaru karena chakra-nya yg menipis serta tubuhnya yg tertusuk pedang kusanagi. Hiruzen pun meninggal dgn senyuman, ia sadar ia memang tidak bisa membunuh murid kesayangannya itu.

Peninggalan
Setelah Hiruzen meninggal, Tsunade mencatat bahwa desa telah menghasilkan beberapa shinobi yang sangat halus dan loyal berkat kepemimpinan Hiruzen, seperti saat melihat Rock Lee yg rela menjalani operasi agar menjadi ninja lagi walaupun resiko gagal tinggi. Dia dianggap sebagai Hokage yg sangat berjasa.

Trivia

- Ayahnya dan nama klan, terinspirasi dari Sasuke Sarutobi, berarti "melompat seperti monyet", kemudian didukung oleh Teknik Panggilnya, yang memanggil Enma. Tobirama juga memanggilnya "Monyet" (, サルSaru).
Banyak aspek dari karakter yang diambil dari literatur Cina klasik "Perjalanan ke Barat". Enma, memiliki kemiripan yang sangat mirip dgn Sun Wukong (Monkey King), protagonis novel ini, dan senjata Hiruzen yang dipilih identik dengan tongkat ajaib sun wukong.

- Hantu Hiruzen itu bisa secara singkat terlihat di Naruto: Shippuden episode 129.

- Selama pertempuran dengan Orochimaru, mungkin sebagai pertanda kematian-Nya, rupa Hiruzen di Monumen Hokage retak di bagian wajah. Sementara retak yg cukup menonjol karena ukurannya itu tidak selalu muncul di anime, baik karena sudut buruk atau kesalahan oleh animator.

- Hiruzen memiliki julukan sama dgn rikudo sennin. Mereka berdua dikenal sebagai "Dewa Shinobi" (Shinobi no Kami).

- Masashi Kishimoto awalnya akan menjadikan hiruzen sebagai nama seekor anjing, tapi akhirnya ide itu dibuang karena "terlalu aneh".

- Menurut Databook Naruto:
> Makanan favoritnya adalah hijiki, dan bola ikan sarden.
> Makanannya paling favorit adalah Narazuke.
> Lawan yang diinginkannya adalah Konohamaru dewasa.
> kata favoritnya adalah Kebenaran Mutlak (真諦, Shintai).
> Hobinya mengobrol dengan gadis-gadis muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar